ORGANISASI KURIKULUM

Organisasi Kurikulum

         Beragamnya pandangan yang mendasari pengembangan kurikulum memunculkan terjadinya keragaman dalam mengorganisasikan kurikulum. Setidaknya terdapta enam ragam pengorganisasian kurikulum, yaitu :

  1. Mata Pelajaran Terpisah (Isolated Subject); Kurikulum terdiri dari sejumlah mata pelajran yang terpisah-pisah, yang diajarkan sendiri-sendiri tanpa ada hubungan dengan mata pelajaran lainnya. Masing-masing diberikan pada waktu tertentu dan tidak mempertimbangkan minat, kebutuhan, dan kemampuan peserta didik, semua materi diberikan sama.
  2. Mata Pelajaran Berkorelasi (corelated curriculum); Korelasi diadakan sebagai upaya untuk mengurangi kelemahan-kelemahan sebagai akibat pemisah mata pelajaran. Prosedur yang ditempuh adalah menyampaikan pokok-pokok yang saling berkorelasi guna memudahkan peserta didik memahami pelajaran tertentu.
  3. Bidang Studi (Broad field); Yaiut organisasi kurikulum yang berupa pengumpulan beberapa mata pelajaran yang sejenis serta memiliki ciri-ciri yang sama dan dikorelasikan (difungsikan) dalam satu bidang pengajaran. Salah satu mata pelajaran dapat dijadikan "Core Subject", dan mata pelajaran lainnya dikorelasikan dengan core tersebut.
  4. Program yang berpusat pada anak (Child centered); Yaitu program kurikulum yang menitikberatkan pada kegiatan-kegiatan peserta didik, bukan pada mata pelajaran.
  5. Inti Masalah (Core Program); Yaitu suatu program yang berupa unit-unit masalah, dimana masalah-masalah diambil dari suatu mata pelajaran tertentu, dan mata pelajaran lainnya dibeirkan melalui kegiatan-kegiatan belajar dalam upaya memecahkan masalahnya. Mata pelajaran yang menjadi pisau analisisnya diberikan secara terintegrasi.
  6. Ecletic Program, yaitu suatu program yang mencari keseimbangan antara organisasi kurikulum yang terpusat pada mata pelajaran dan peserta didik.
         Berdasarkan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, tampaknya lebih cenderung menggunakan pengorganisasian yang bersifat eklektik, yang terbagi ke dalam lima (5) kelompok mata pelajaran, yaitu : (1) Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; (2) Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; (3) Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; (4) Kelompok mata pelajaran Estetika; dan (5) Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

Komponen KTSP
  1. Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan
  2. Struktur dan Muatan KTSP
  3. Kalender Pendidikan
  4. Silabus
  5. RPP
Prinsip Pengembangan KTSP
  1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
  2. Beragam dan terpadu
  3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
  4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
  5. Menyeluruh dan berkesinambungan
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
 Muatan/Struktur KTSP
  1. Mata pelajaran
  2. Muatan Lokal
  3. Kegiatan Pengembangan diri
  4. Pengaturan Beban Belajar
  5. Kenaikan Kelas, Penjurusan, dan Kelulusan
  6. Pendidikan Kecakapan Hidup
  7. Pendidikan Berbasisi Keunggulan Lokal dan Global
Komponen Silabus
  1. Standar Kompetensi
  2. Kompetensi Dasar
  3. Materi Pokok/Pembelajaran
  4. Kegiatan Pembelajaran
  5. Indikator
  6. Penilaian
  7. Alokasi Waktu
  8. Sumber Belajar
Prinsip Pengembangan Silabus
  1. Ilmiah
  2. Relevan
  3. Sistematis
  4. Konsisten
  5. Memadai
  6. Aktual dan Konseptual
  7. Fleksibel
  8. Menyeluruh
Komponen RPP
  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Materi Pembelajaran
  3. Metode Pembelajaran
  4. Sumber Belajar
  5. Penilaian Hasil Belajar
Format RPP
Nama Sekolah                                                 : ....................................................................................
Mata Pelajaran                                                : ....................................................................................
Kelas / Semester                                              : ....................................................................................
Pertemuan Ke                                                  : ....................................................................................
Alokasi Waktu                                                 : ....................................................................................
Standar Kompetensi                                        : ....................................................................................
Kompetensi Dasar                                           : ....................................................................................
Indikator                                                         : ....................................................................................
  1. Tujuan Pembelajaran                             : ....................................................................................
  2. Materi Pembelajaran                             : ....................................................................................
  3. Metode Pembelajaran                           : ....................................................................................
  4. Langkah-langkah Pembelajaran             : ....................................................................................
          Pertemuan Pertama
          a) Kegiatan Awal                                  : ....................................................................................
          b) Kegiatan Inti                                    : ....................................................................................
          c) Kegiatan Akhir                                 : ....................................................................................
     5. Alat / Bahan / Sumber belajar                : ....................................................................................
     6. Penilaian.                                              : ....................................................................................